Pelabuhan Kendal

Terbentur Izin Kemenhub, Pelabuhan Kendal batal dibangun 2018

Pelabuhan Kendal

Pelabuhan Kendal

(Laporan Wartawan Mahmud Yunus)

Proyekindonesia.com, Rencana PT Pelindo yang akan membangun dan mengembangkan Pelabuhan kendal harus ditunda dikarenakan terkendala oleh izin Kemenhub. Ahmad Wahid Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Semarang, memberikan keterangan bahwasanya pihaknya sebagai otoritas pelabuhan yang menaungi pembangunan Pelabuhan kendal belum memberikan Izin.

Wahid mengatakan , dalam mengembangkan pelabuhan harus ada surat keputusan dari Kementerian Pehubungan untuk mengelola pelabuhan itu. “Dalam pengelolaan pelbuhan harus ada izin dari Kemenhub dan hingga saat ini masih belum ada izin,” ucapnya beberapa waktu yang lalu.

Sebelumnya, Kepala Pelabuhan Kendal, Andi Rahmat mengatakan salah satu kendala terhambatnya pembanunan dan pengembangan karena  (KSOP) Semarang belum memberikan izin pengembangan Pelabuhan Kendal.

Ia mengatakan, untuk membanguan pelabuhan niaga maka yang dilakukan ialah pengerukan kolam dermaga, pembangunan kantor pelabuhan serta pembangunan pemecah gelombang.

Namun jika seandainya tahun ini dioperasikan sebagai pelabuhan niaga dengan kondisi sepeti saat ini, maka Pelabuhan Kendal sudah mampu difungsionalkan. Namun baru dioperasikan secara lokal saja.

“Namun semisal dioperasionalkan sekarang untuk pelabuhan niaga maka pemkab Kendal belum bisa mengelolanya. Harus ada BUMD khusus yang menangani itu,” Tutupnya.

Related Posts

Leave A Reply