Desain Rumah Tahan Gempa Mesti diterapkan di Jakarta

Beberapa Peristiwa gempa yang saat ini terjadi terjadi, membuat masyarakat was-was sekaligus khawatir dengan bencana tersebut. Hal ini terutama dikhawatirkan oleh masyarakat yang tinggal di kota-kota besar seperti Jakarta yang memiliki bangunan-bangunan tinggi yang dapat mengancam jiwa saat gempa.

Untuk itu Ahli bangunan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Iwan Suprijanto, menerangkan bahwa bangunan teknis dalam artian bangunan bertingkat terutama di kota-kota besar seperti DKI Jakarta seharusnya sudah didesain tahan terhadap gempa sesuai zona yang berlaku.

Menurutnya struktur bangunan teknis biasanya sudah memperhitungkan 2 sampai 2,5 kali zona gempa, dengan demikian penghuni bangunan bertingkat di DKI Jakarta, apalagi bertingkat banyak tidak perlu khawatir meskipun bangunan tersebut bergoyang saat terjadi gempa.

“Pemprov DKI perlu memberikan sosialisasi dan edukasi kepada warganya agar tidak panik saat terjadi gempa di gedung berlantai banyak, apalagi sampai berbondong-bondong melakukan evakuasi untuk keluar dari gedung,” terang Iwan di Jakarta, Rabu (31/01/2018).

Iwan pun menambahkan pemerintah daerah yang masuk dalam zona gempa aktif seharusnya lebih ketat dalam melakukan pengawasan bangunan baik teknis maupun bukan teknis, tujuannya untuk menghindarkan terjadinya korban.

Telah banyak inovasi konstruksi tahan gempa, Iwan melanjutkan baik yang dikembangkan swasta maupun Litbang Bangunan Kementerian PUPR seluruhnya sudah teruji baik dari segi kekuatan maupun nilai ekonomisnya.

Related Posts

Leave A Reply